Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Contoh Desain Interior Auditorium

Desain Interior Auditorium

Home » Inspirasi Desain » Desain Interior » Tips Desain Interior Auditorium Agar Terlihat Megah dan Mewah

Tips Desain Interior Auditorium Agar Terlihat Megah dan Mewah

2018-06-23T07:28:10+00:00 By |Desain Interior|0 Comments

Auditorium atau yang juga dikenal dengan gedung serba guna menjadi tempat yang tepat untuk melakukan banyak acara. Dimulai dari pernikahan, wisuda hingga acara-acara penting lainnya. Hal inilah yang dapat dimanfaatkan oleh Anda. Karena dengan membangun auditorium akan didapatkan pendapatan yang cukup menguntungkan.

Namun, untuk membuat auditorium lebih menarik dan mendatangkan banyak pengunjung, penting untuk memperhatikan desain interior auditorium tersebut. Contohnya, dengan memperhatikan kursi ataupun layar yang akan digunakan.

Selain masalah dekorasi ruangan, hal lain seperti wallpaper dan perlengkapan lain juga penting untuk diperhatikan. Tujuannya, agar auditorium menjadi tempat yang banyak disukai orang. Adakah hal lain yang diperlukan untuk membuat auditorium yang megah serta mewah? Untuk mengetahui informasi dan jawaban lengkapnya, jangan lewatkan satu hal pun dari artikel ini.

11 Perlengkapan yang Harus Ada dalam Sebuah Auditorium

Dalam menjalankan usaha auditorium, pasti diperlukan banyak perlengkapan. Sudahkah Anda mengetahui hal-hal apa saja yang diperlukan untuk auditorium? Ketahui informasi lengkapnya, sesaat lagi.

1. Pendingin Ruangan

Contoh Desain Interior Auditorium

Sebelum membeli produk pendingin ruangan, sebaiknya perhatikan tentang seberapa besar luas bangunan yang dimilikki. Tujuannya, agar tidak terjadi kesalahan pada saat membelinya. Tidak hanya jumlah yang perlu diperhatikan model dan bentuk AC penting untuk disesuaikan dengan konsep. Misalnya jika konsep yang ditampilkan adalah model audiensi, maka pilihlah AC yang menempel pada dinding ataupun plafon bagunan. Pastikan pemilihan pendingin ruangan merupakan pilihan yang terbaik. Agar, setiap ruangan auditorium dapat merasakan udara yang dingin tersebut.

2. Buat Konsep Untuk Desain Interior Auditorium

desain interior auditorium

Langkah awal dalam membangun auditorium adalah konsep apa yang akan digunakan diauditorium. Pilihlah konsep yang benar-benar menarik dan cocok untuk digunakan dalam setiap acara. Misalnya, jika memang konsep yang ditampilkan adalah konsep audiensi, siapkanlah hal-hal yang berhubungan dengan hal tersebut. Contohnya, puluhan kursi serta karpet yang akan digunakan dalam gedung. Ataupun, jika membangun konsep seperti gedung teater, siapkanlah dekorasi yang memang dibutuhkan oleh gedung teater.

Baca juga  Pilihan Terbaik Desain Kantor Minimalis 2 Lantai yang Super Nyaman

3. Audio dan Perlengkapan Pengeras Suara Lainnya

perlengkapan Interior Auditorium

Dalam sebuah ruang auditorium, tentu dibutuhkan perlengkapan audio dan pengeras suara lainnya. Siapkanlah beberapa mic yang dapat digunakan untuk klien pemesan ruangan. Selain itu, pastikan audio ataupun soundnya tetap dalam keadaan yang baik. Keberadaan audio adalah bagian yang terpenting dalam auditorium. Jadi, pastikan memberikan produk serta pelayanan yang terbaik agar pelanggan dapat kembali menggunakan gedung milik Anda.

4. Wallpaper yang Unik Namun Menarik

wallpaper auditorium modern

Dalam sebuah auditorium, biasanya pada bagian dinding akan dihiasi oleh cat solid ataupun wallpaper. Pemilihan kedua hiasan dinding ini tergantung pada kemampuan Anda. Jika memang memiliki dana yang cukup, cobalah untuk gunakan wallpaper untuk bagian dinding. Namun pilihlah wallpaper yang elegan untuk memberi kesan mewah pada ruangan. Sementara jika tidak memiliki dana yang besar, gunakanlah cat solid untuk dinding. Dan pilihlah cat dinding yang berwarna cerah untuk menghidupkan suasana.

5. Panggung atau Stage

stage interior auditorium megah

Hal lainnya yang perlu ada dalam auditorium adalah keberadaan stage. Di panggung inilah para tamu acara ataupun pembicara akan menyampaikan materinya. Karenanya, penting membuat panggung ini nampak elegan. Jangan enggan untuk menampilkan beberapa tumbuhan kecil pada bagian panggung tersebut. Namun, jangan lupa selalu menyesuaikan dengan konsep acara apa yang diinginkan oleh klien. Oleh karenanya, selaku penyedia gedung Anda harus siap sedia dengan keinginan dari klien.

6 Proyektor Lengkap Dengan Layar

gambar desain interior auditorium megah

Karena konsep yang dibangun dalam auditorium adalah konsep audiensi, maka dibutuhkan layar beserta proyektor. Kedua alat ini akan berguna untuk menjadi bahan penyampaian dari pemateri. Selain itu, para tamu acara dapat mengikuti materi walaupun duduk tidak terlalu dekat dari pemateri. Penggadaan proyektor dan layar juga menunjukkan bahwa desain interior auditorium yang diusung adalah desain yang modern serta kekinian. Walaupun demikian, tepta perhatikan tentang proyektor beserta layar, termasuk perawatannya. Sehingga tidak akan terjadi hal yang tidak inginkan saat acara berlangsung.

Baca juga  Desain Interior Rumah Minimalis Ala Jepang, Buat Rumah Menjadi Lebih Unik

7. Karpet Untuk Tamu Acara dan Pada Panggung

contoh interior auditorium modern

Tidak jarang dalam sebuah auditorium menggunakan jasa pada bagian lantainya. Sebagai penyedia, Anda pun harus memikirkan hal ini. Untuk desain auditorium yang mewah, pastikan gunakan karpet lantai yang cukup nyaman ketika diinjak. Sedangkan untuk auditorium biasa, pilihlah karpet yang benar-benar sesuai dengan kemampuan budget. Untuk perawatan karpet lakukanlah pembersihan setelah acara selesai diadakan. Jika memang tidak ada acara, gulunglah karpet untuk menjaga kebersihannya.

8. Penerangan yang Memadai

desain interior auditorium mewah

Jika auditorium yang akan dibuat menyerupai ballroom, pastikan Anda memiliki titik central pada bagian atas ruangan. Gunakanlah lampu gantung yang benar-benar megah dan elegan untuk bagian tersebut. Karena lampu inilah yang akan menyambut para tamu yang datang dengan gagah dan menjadi perhatian utama. Selain pada bagian tengah, lanjutkan pemilihan lampu yang tepat untuk sekitar daerah lampu utama. Pilihlah lampu-lampu yang unik dan minimalis namun tetap sesuai dengan konsep yang dibangun.

9. Fasilitas yang Lengkap

konsep desain interior auditorium modern

Sebagai perlengkapan akhir, penting untuk melakukan pengecekan memadai dalam hal fasilitas. Persiapkanlah fasilitas yang cukup mumpuni. Contohnya, toilet, ruang ganti dan parkiran. Untuk toilet dan ruang ganti, siapkanlah ruangan yang benar-benar sama dengan konsep auditorium Anda. Walaupun tidak terlalu besar, ruangan ini tetap harus memberikan fasilitas yang terbaik untuk klien. Karena, sekecil apapun kesalahan yang ditampilkan oleh pelayanan Anda. Maka hal inilah yang akan menjadi bahan keluhan dari klien. Jadi, sebaiknya selalu berikan performa terbaik pada setiap ruangan di gedung.

10. Pemilihan Dekorasi yang Terbaik

desain interior auditorium megah dan nyaman

Selanjutnya adalah perlengkapan yang cukup penting dalam auditorium berkonsep audiensi. Apakah hal tersebut? hal ini adalah kursi yang akan ditempati oleh para tamu acara nantinya. Pilihlah kursi yang cukup empuk untuk dapat digunakan dalam waktu lama. Selain itu pilih pula kursi yang memiliki wadah untuk menaruh tempat air minum. Untuk menambah kenyamanan tamu acara. Atau, tambahkan pula dengan desain kursi yang memiliki sekat agar tamu acara tetap merasa memiliki privasi.

Baca juga  10 Cara Ubah Kamar Tidur Lama Menjadi Mewah Dengan Desain Interior Hotel Modern

11. Mesin Genset

inspirasi desain interior auditorium

Selain memperhatikan tentang dekorasi, furnitur, ataupun fasilitas dalam ruangan. Penting untuk menyediakan peralatan tambahan seperti genset. Hal ini perlu dilakukan karena penyedia tidak akan tahu kapan waktu pemadaman listrik berjalan. Untuk mencegah terjadinya kekacauan acara, penyedia fasilitas harus menyediakan hal tersebut. Agar acara dapat berjalan lancar dan klein merasakan kepuasan dengan semua pelayanan yang diberikan.

Semua perlengkapan di atas, dikatakan sebagai perlengkapan yang penting dalam auditorium. Utamanya, untuk mendukung desain interior auditorium mewah yang diharapkan menjadi kenyataan. Setelah berhasil menerapkannya, jangan lupa untuk tetap menjaga dan memberikan perawatan terbaik untuk auditorium. Tujuannya, agar auditorium memiliki umur yang panjang dan tetap menjadi pilihan banyak klien.

Apabila anda butuh Kontraktor interior Auditorium,  kami dari Vasa Integra salah satu perusahaan kontraktor interior di jakarta siap bekerjasama dengan anda. Untuk menghubungi Kami silahkan Chat WA kami atau telepon kantor kami, untuk anda yang ingin datang langsung ke kantor kami silahkan menuju alamat : PT. GRAHA DWI MITRA JAYA bertempat di Graha Mampang, 3A Floor Jl. Mampang Prapatan Raya No.100 Jakarta Selatan.

Leave A Comment