Buat Desain Interior Apartemen dengan Tips Jitu Berikut Ini

Home ยป Buat Desain Interior Apartemen dengan Tips Jitu Berikut Ini

Buat Desain Interior Apartemen dengan Tips Jitu Berikut Ini

Memiliki apartemen, sekarang ini dapat dianggap sebagai gaya hidup di zaman modern. Banyak orang yang berpikiran bahwa tinggal di apartemen lebih simpel daripada di rumah. Namun, biasanya desain interior apartemen ini tidak menarik. Karena dibuat sama dengan beberapa kamar apartemen lainnya. Jika hal ini yang terjadi, tentu dibutuhkan perubahan agar ruangan apartemen menjadi lebih cantik dan nyaman ditinggali.

Membuat ruangan lebih nyaman dan cantik tidak hanya dapat dibuat oleh jasa dekorasi rumah. Melainkan, dapat pula dibuat oleh Anda sendiri. Bagaimana caranya? Tidak perlu khawatir, karena dengan informasi yang ada pada artikel ini semua masalah interior akan segera teratasi. Dan nantinya, apartemen menjadi tempat yang nyaman dan siap untuk ditinggali berlama-lama dan lepaskan lelah seusai bekerja.

11 Tips Mempercantik Desain Interior Apartemen, Agar Rumah Nyaman Ditinggali

Bagaimana kriteria rumah nyaman menurut Anda? Luas, unik ataukah indah? Semua kriteria rumah nyaman tersebut akan segera terpenuhi, setelah Anda mengikuti tips rumah cantik berikut ini.

1. Warna Dinding

desain interior apartemen

Walaupun memiliki luas ruangan yang tidak besar, sebuah apartemen dapat dibuat nampak lebih luas dengan penggunaan warna cat yang tepat. Salah satu pewarnaan yang cocok adalah penggunaan warna putih dan abu-abu. Padukan kedua warna ini dengan tepat, sehingga apartemen akan nampak lebih luas. Selain cat, apartemen zaman sekarang biasanya menggunakan wallpaper untuk dinding. Jika demikian, pilihlah wallpaper dengan warna terang untuk membuat ruangan nampak lebih luas.

2. Buat Ruangan Memiliki Pencahayaan yang Pas

Pencahayaan yang tepat juga akan memberikan efek ruangan terlihat lebih luas. Jadi, disarankan untuk membuat tempat pencahayaan yang tepat. Jika masih kurang puas, gunakan lampu-lampu gantung untuk lebih memanfaatkan penggunaan ruang. Selain itu, menggunakan lampu gantung juga akan memberikan tambahan keunikan pada ruangan. Tidak hanya lampu gantung, gunakan pula lampu dinding ataupun lampu langit-langit. Hal ini merupakan bagian dari desain interior apartemen yang menarik. Bila kurang nyaman dengan lampu, pilihlah konsep glow in dark sebagai pengganti lampu tidur.

Baca juga  10 Cara Ubah Kamar Tidur Lama Menjadi Mewah Dengan Desain Interior Hotel Modern

3. Butuh Ruangan Baru? Buat Ruangan Dengan Sekat

Sekarang ini ruangan dalam apartemen tidaklah terlalu banyak dan besar. Jadi, jika ingin mendapatkan tambahan ruangan Anda harus pAndai-pAndai untuk membuatnya sendiri. Salah satu cara yang dapat dimanfaatkan adalah menggunakan lemari atau rak sebagai sekat. Cara ini banyak digunakan dan dinyatakan berhasil dalam membentuk sebuah ruang. Penggunaan sekat menjadi sebuah ruangan pun menjadi salah satu upaya untuk membuat rumah lebih indah.

4. Perencanaan Desain Interior Untuk Apartemen yang Tepat

Sebagai awal sebelum langkah-langkah lain dilakukan, sebenarnya dibutuhkan perencanaan. Perencanaan inilah yang akan menjadi pegangan, bagaimana akan menghias apartemen tersebut. Perencaan yang matang tentu akan mempermudah untuk menerapkannya di rumah. Namun, untuk mendapatkan inspirasi konsep cobalah untuk mencarinya di majalah ataupun koran sebagai referensi. Atau, dirasa tidak cocok dengan referensi dari majalah, carilah jasa desain interior yang dapat membuat konsep sesuai dengan impian Anda.

5. Penggunaan Cermin, Aspek Magis atau Ilusi?

Menjawab pertanyaan ini, cermin sebenarnya lebih menguntungkan untuk memberikan dampak ilusi. Dampak inilah yang akan membuat ruangan nampak lebih luas dan nyaman digunakan. Anda dapat menggunakan cermin sebanyak beberapa buah agar ilusi optik nampak lebih nyata. Namun pastikan penempatannya dilakukan dengan tepat. Sehingga cermin tidak nampak bertumpuk. Penggunaan cermin juga dapat digantikan dengan penggunaan banyak kaca di ruangan. Biasanya kaca akan lebih cocok digunakan sebagai jendela dan ruangan nampak lebih luas.

6. Banyak Furnitur Bukan Berarti Cantik

Banyak orang yang berpikiran, bahwa banyaknya furniture yang ada di apartemen merupakan hal yang baik. Hal inilah yang salah dan harus segera dirubah. Sebenarnya, tidak masalah jika memiliki banyak barang dirumah. Namun pastikan untuk menatanya dengan baik. Penataan yang baik dan berkelas, dapat menjadi salah satu nilai bahwa desain interior telah dilakukan dengan baik dan benar.

Baca juga  Tips Memilih Kontraktor Interior: Cara Terbaik Dapatkan Kontraktor Interior Bukan Abal-Abal

7. Banyak Sudut Pada Ruangan? Gunakan dan Manfaatkan!

Sudut pada sebuah ruangan biasanya akan dijadikan tempat kosong oleh kebanyakan orang. Namun, sebenarnya sudut inilah titik mati yang menjadi kunci keindahan ruangan. Jadi, untuk itu manfaatkanlah setiap sudut yang ada dengan furniture ataupun barang lain yang tepat. Sebagai contoh, gunakanlah sudut tersebut menjadi tempat untuk rak buku sudut diletakkan. Jika masih kurang, letakkan rak gantung pada bagian atas. Biasanya rak gantung dapat digunakan untuk menaruh pot ataupun menaruh beberapa pajangan lain.

8. Jaga Kebersihan Apartemen

Selain memperhatikan beragam furnitur atau desain interior lainnya, hal ini penting untuk diperhatikan. Artinya, pastikan Anda menjaga kebersihan ruangan kamar secara berkala. Hal ini tentu akan mempercantik ruangan dengan menyeluruh. Dan hal inilah yang juga penting, karena tanpa kebersihan sebaik apapun desain yang dibuat akan terbuang saja percuma. Agar tetap dapat menjaga kebersihan ruangan, jangan lupa siapkan tempat sampah di sekitar ruangan.

9. Memberikan Kesan Lengkung Pada Furnitur yang Digunakan

Mungkin Anda pun tidak sadar bahwa kesan lengkung pada furniture yang akan digunakan. Kesan lengkung akan membuat sebuah pembaruan pada ruangan. Jadi, ruangan akan tampil menyenangkan atau tidak membosankan. Namun, jangan lupa untuk memberikan aksen yang sama pula pada ruangan lain. Contohnya jika menggunakan kursi dengan aksen lengkung pada ruang tamu. Gunakan cermin dengan bentuk bulat pada kamar mandi. Tentunya furnitur ini akan memberikan terobosan dan berguna untuk mempercantik ruangan.

10. Penggunaan Furnitur Multifungsi

Untuk lebih menghemat ruangan, tentu dibutuhkan furnitur-furnitur yang multifungsi. Contohnya, penggunaan ranjang yang dapat dilipat dan digunakan menjadi sofa. Furnitur jenis ini sudah bisa didapatkan dengan mudah di pasaran. Jadi Anda tidak perlu khawatir untuk mencarinya. Namun sebelum membelinya, pastikan furnitur yang digunakan tetap sesuai dengan desain interior yang diterapkan pada apartemen. Agar furnitur tetap dapat masuk pada konsep yang digunakan.

Baca juga  Ubah Desain Interior Kantor Minimalis Anda Dengan Beberapa Tips Menarik Ini

11. Tambahkan Sentuhan Natural Pada Ruangan

Berikutnya adalah penambahan sentuhan natural. Anda dapat menambahkan tumbuhan gantung pada ruangan. Atau gunakan tanaman kecil yang tidak terlalu makan tempat diruangan. Kesan natural seperti ini akan membuat ruangan lebih nyaman. Selain itu, akan memberikan banyak oksigen baru dan kesan sejuk akan lekat pada ruangan. Untuk tumbuhan gantung dapat diletakkan dekat pada ruang tamu atau dapur sehingga membuat ruangan lebih sejuk untuk ditinggali.

Mempercantik ruangan apartemen dengan tips yang telah disampaikan, dipastikan membuat apartemen lebih nyaman untuk ditinggali. Tips-tips ini dapat diterapkan pada desain interior apartemen jenis apapun. Jadi, tidak perlu untuk menerapkan tips ini untuk desain apartemen Anda yang baru dimilikki. Dengan begitu, apartemen akan lebih nyaman ditinggali dan akan kembalikan mood setelah lelah bekerja.

Leave A Comment